Jerat UU ITE untuk Pengguna Social Media

marah

marah

BERILINK – Kasus ocehan di situs jejaring sosial Path yang diunggah pada 27 Agustus 2014 rupanya masih berlanjut. FS yang mengunggah ‘kata-kata tidak pantas’ dilaporkan ke polisi dan (menurut kabar yang saya baca di beberapa webnews) ditetapkan sebagai tersangka sehingga harus ditahan di ruang tahanan Direktorat Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda DIY.

Penyidik menerapkan pasal berlapis dalam kasus ini, FS dijerat pasal 27 ayat 3 junto pasal 45 ayat 1, pasal 28 ayat 2 junto pasal 45 ayat 2 UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan atau pasal 310 dan atau pasal 311 KUH Pidana.

FS sendiri sudah menyatakan permohonan maaf atas tindakannya yang mengumpat di media sosial. Dia meminta maaf kepada semua pihak-pihak dan meminta pihak yang melaporkan dirinya agar mencabut laporan.

Dia memohon kerelaan semua pihak untuk memaafkannya agar bisa melanjutkan studi di UGM sampai selesai sesuai kewajibannya.

Hal ini adalah pelajaran dan peringatan bagi semua pengguna social media agar bisa mengendalikan emosi dan menjaga tutur kata yang akan dibagikan ke publik ataupun ke teman atau relasi secara tertutup.

Hati-hati dengan update status media sosialmu walaupun bisa saja kita berlindung dibalik ungkapan kebebasan berekspresi.

Jika melihat kasus ini, kita bisa melihat lagi banyak kasus-kasus lain di media sosial (facebook dan twitter) khususnya diwaktu pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2014. Banyak team sukses atau pendukung salah satu calon yang begitu fanatik sehingga sering mengumpat, memaki-maki, menyebarkan berita bohong cenderung fitnah, megumbar kata-kata kotor dan lain-lain untuk menyerang pesaingnya.

Apakah mungkin mereka bisa dijerat dengan pasal yang sama seperti yang dituduhkan pada FS?

Saya adalah seorang warga negara Indonesia yang buta hukum. Semoga anda yang mengetahui duduk masalah kasus ini bisa memberikan sedikit pencerahan

Silahkan …

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s