Twitter Segera Buka Kantor di Indonesia

Logo twitter

Logo twitter (Foto : kompas.com)

BERILINK – Situs jejaring sosial twitter berencana akan membuka kantor di Indonesia dalam jangka waktu antara tiga dan empat bulan ke depan.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden Global Twitter Adam Bain menyambangi Jakarta dan mengonfirmasi kantor Twitter di Indonesia melalui akun Twitter pribadinya.

Dalam kicauannya yang tertanggal 29 Agustus 2014, pukul 10.11, Adam Bain mem-posting tweet dengan bahasa Indonesia, “@adambain Terima kasih atas sambutannya, Indonesia! Saya di Jakarta hari ini dan Twitter akan segera buka kantor resmi di sini.”

Rencana pembukaan kantor Twitter di Jakarta juga sempat diutarakan Bain kepada The Wall Street Journal, Kamis (28/8/2014). Menurut Bain, kantor Twitter akan beroperasi dalam tiga hingga enam bulan ke depan.

Kantor itu mayoritas operasinya akan digunakan oleh tim pengembangan bisnis dan penjualan Twitter.

Kantor Twitter di Jakarta ini menjadi kantor Twitter pertama di Asia Tenggara, setelah sebelumnya buka di Singapura yang mulai beroperasi tahun lalu. Beberapa kota yang mempunyai kantor perwakilan resmi twitter adalah Seoul, Tokyo, dan Sydney.

“Jika melihat Indonesia, Anda akan melihat besarnya audiens dan bagaimana mereka menggunakan Twitter, sangat antusias,” kata Bain.

Menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kamis, 07 November 2013, pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial.

Situs jejaring sosial yang paling banyak diakses adalah Facebook dan Twitter. Indonesia menempati peringkat 4 pengguna Facebook terbesar setelah USA, Brazil, dan India.

Menurut data dari Webershandwick, perusahaan public relations dan pemberi layanan jasa komunikasi, untuk wilayah Indonesia ada sekitar 65 juta pengguna Facebook aktif. Sebanyak 33 juta pengguna aktif per harinya, 55 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile dalam pengaksesannya per bulan dan sekitar 28 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile per harinya.

Pengguna Twitter, berdasarkan data PT Bakrie Telecom, memiliki 19,5 juta pengguna di Indonesia dari total 500 juta pengguna global. Twitter menjadi salah satu jejaring sosial paling besar di dunia sehingga mampu meraup keuntungan mencapai USD 145 juta.

Pada tahun 2013, dalam riset yang dirilis oleh Brand24, Jakarta disebut sebagai kota yang sangat sosial, sangat mudah mengadopsi media sosial, dan tentunya sangat aktif sebagai pengguna. Warga Jakarta mempunyai andil sebesar 2,4 persen dari seluruh tweet di dunia.

17 top Twitter user di Indonesia dengan follower terbanyak adalah :

Top follower twitter di Indonesia

Top follower twitter di Indonesia

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s