Emosi itu Merugikan! Jagalah Amarahmu

Social Media

Social Media

BERILINK – Entah hal apa yang sedang terjadi pada FS sehingga emosinya meledak-ledak saat merasa ‘disepelekan’ serta ‘tidak dihargai’ saat ikut ngantri untuk mendapatkan BBM di SPBU.

Baca di webnews, FS yang mengendarai sepeda motor ikut antri di barisan mobil di pompa pertamax 95 dan tidak antri di barisan motor pada pompa premium. Petugas SPBU tidak mengijinkan sehingga (mungkin) terjadi sedikit perdebatan.

FS yang emosi langsung update status akun Path-nya dengan kalimat yang ‘kurang pantas’.

Mungkin, emosi FS tidak akan menjadi bahan perdebatan di social media dan ditulis di situs berita kalau saja dia tidak membawa-bawa nama Kota Pelajar dan almamater kampusnya.

Mungkin, status path FS menjadi biasa-biasa saja kalau tidak tersebar luas dan membangkitkan ‘kemarahan’ pada banyak warga Jogja dan orang-orang yang punya ikatan emosional dengan Kota Gudeg

Update statusmu adalah harimaumu!

Hal ini yang sering dilupakan oleh banyak pengguna jejaring sosial. Mereka merasa bebas tidak terbatas saat terkoneksi dengan socmed.

Konon katanya,

“Ini kan akun saya, terserah saya mau menulis dan memposting apa saja yang saya suka. Kalau anda tidak suka tinggal blokir. Gitu aja kok repot …”

Emosi FS sungguh berlebihan dan tidak bisa menempatkan diri serta menjaga sikap di jejaring sosial dimana semua orang tidak terbatas ruang dan waktu bisa saling terkoneksi.

Bermain di social media memang memerlukan kedewasaan bersikap dan bijaksana dalam bertindak. Jangan memakai dalih ‘kebebasan’ untuk memposting apa saja karena mungkin saja postingan kita akan berakibat negatif pada diri kita sendiri dan orang lain.

FS sudah melakukan klarifikasi dan meminta maaf pada warga Jogja di seluruh Indonesia. Sebaiknya kita juga mau memaafkan kekhilafannya. Setuju?

Satu hal yang harus dicatat adalah “Emosi itu Merugikan! Jagalah Amarahmu”. Semoga kita semua bisa belajar sesuatu dan mengambil hikmahnya.

Mengutip dari akun twitter @infosenijogja ยท 46m

Kalo bete karena bensin langka di Jogja, jangan hujat Jogja-nya dong #Hikmah

One response to “Emosi itu Merugikan! Jagalah Amarahmu

  1. Pingback: Jerat UU ITE untuk Pengguna Social Media | BERILINK.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s