Fasilitas Untuk Anggota DPRD DKI

Suasana pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta di Ruang Paripurna DPRD DKI, Jakarta, Senin (25/8/2014)

Suasana pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta di Ruang Paripurna DPRD DKI, Jakarta, Senin (25/8/2014) Foto : Tribunnews.com/Nicolas Manafe

BERILINK – Senin (25/8/2014), sudah berlangsung upacara pelantikan 106 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2014-2019

Apa saja Fasilitas Untuk Anggota DPRD DKI?

Mobil Dinas

Anggota Dewan dipastikan akan mendapatkan mobil dinas Toyota Camry dan Toyota Altis dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menunjang kinerjanya.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD DKI Jakarta, Mangara Pardede mengatakan bahwa untuk Ketua dan Wakil Ketua DPRD DKI akan diberikan mobil dinas Toyota Camry.

“Untuk Anggota DPRD DKI periode yang lalu mendapatkan Toyota Corolla Altis. Kemungkinan akan sama dengan yang dulu,” kata Mangara di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/8).

Kebutuhan Mobil ini diperkirakan memerlukan biaya Rp 410 miliar

Tunjangan komunikasi, jabatan, operasional dan representasi

Selain itu anggota dewan akan mendapatlan fasilitas yang meliputi tunjangan komunikasi, jabatan, operasional dan representasi.

“Total dana tunjangan yang diterima untuk Ketua DPRD Rp 35.163.220, untuk Wakil Ketua DPRD Rp 45.161.920, dan untuk anggota Rp 30.291.320,” ujar Mangara Pardede

Total tunjangan untuk Ketua DPRD memang lebih kecil dari wakilnya karena Wakil Ketua DPRD tidak mendapatkan tunjangan perumahan seperti Ketua DPRD.

Ketua DPRD DKI Jakarta mendapatkan rumah dinas di Jalan Imam Bonjol. Sementara wakil dan anggota tidak sehingga Wakil Ketua DPRD dan anggota mendapatkan tunjangan perumahan masing-masing sebesar Rp 20 juta dan Rp 15 juta

Mangara Pardede mengatakan besaran tunjangan tersebut masih sama dengan besaran tunjangan DPRD periode sebelumnya. Hal tersebut mengacu pada PP nomor 24 tahun 2004 tentang Hak Keuangan dan Protokoler DPRD sehingga sepanjang peraturannya belum berubah maka besarannya tidak akan berubah

Gaji

Ketua DPRD DKI Jakarta : Rp 35,16 juta
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta : Rp 45,16 juta
Anggota DPRD DKI Jakarta : Rp 30,29 juta.

Gaji bersih, belum dipotong PPH.

Uang representasi

Ketua DPRD DKI Jakarta : Rp 3 juta
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta : Rp 2,4 juta
Anggota DPRD DKI Jakarta : Rp 2,25 juta.

Tunjangan jabatan

Ketua DPRD DKI Jakarta : Rp 4,35 juta
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta : Rp 3,48 juta
Anggota DPRD DKI Jakarta : Rp 3,26 juta.

“Kalau tunjangan komunikasi intensif, seluruh anggota DPRD mendapatkan Rp 9 Juta. Besaran tunjangan komunikasi intensif sama antara Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD dan Anggota DPRD DKI,” ucapnya.

Untuk tunjangan operasional, ketua mendapatkan Rp 18 Juta, sedangkan wakil ketua mendapatkan Rp 9,6 Juta. Tunjangan ini hanya berlaku untuk ketua dan wakil ketua, dan para anggota tidak dapat.

Saat ini tak ada lagi uang kehadiran untuk para anggota DPRD DKI Jakarta, apabila mereka datang menghadiri suatu sidang atau rapat paripurna.

Referensi :
tribunnews.com/metropolitan/2014/08/27/ini-gaji-dan-tunjangan-yang-diperoleh-anggota-dprd-dki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s