Antrian Pembeli Untuk Mendapatkan BBM Bersubsidi

SPBU

SPBU ( Foto : bisnis.com)

BERILINK – Melihat tayangan berita di televisi dan membaca beberapa webnews isinya sama, masih ramai soal Antrian pembeli untuk mendapatkan BBM Bersubsidi di SPBU. Premium menjadi barang langka yang dikejar konsumen pemilik kendaraan bermotor. Saat antrian mengular maka pembeli beralih memilih pertamax yang harganya lebih mahal

Seperti diketahui harga BBM di SPBU sebagai berikut :

  • Premium : Rp6.500 per liter
  • Pertamax : Rp 11.300 per liter
  • Pertamax Plus : Rp 12.700 per liter

Premium yang lebih murah adalah favorit para pemilik kendaraan bermotor. Hal ini disebabkan karena pemerintah memberikan subsidi harga. Pelan tapi pasti ternyata beban BBM bersubsidi terasa semakin menjadi beban bagi keuangan negara sehingga muncul wacana penghapusan (atau pengurangan) subsidi BBM.

Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada A. Tony Prasetiantono menegaskan beban subsidi energi saat ini sudah tidak masuk akal dan mutlak harus dicabut.

Keberadaan subsidi energi selama ini telah mempersempit ruang fiskal untuk melakukan kegiatan lain produktif, semisal membangun infrastruktur. Dengan begitu, kenaikan harga BBM harus segera dilakukan.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengusulkan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dari Rp6.500 menjadi Rp10.000 per liter.

Menjelang akhir tahun 2014 ini, terjadi kelangkaan BBM di beberapa daerah. Hal ini bisa saja menimbulkan keresahan dan kerawanan sosial akibat gesekan di masyarakat yang sama-sama ingin mendapatkan BBM dengan harga murah.

Sudah saatnya pemerintahan presiden SBY segera mengambil langkah bijaksana untuk mengatasi antrian BBM bersubsidi. Mungkin saja perlu ada pembicaraan khusus dengan presiden penggantinya, Joko Widodo, untuk mendapatkan strategi terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia.

Antrian BBM Bersubsidi sungguh merugikan banyak pihak dan mengganggu kelancaran roda ekonomi di berbagai sektor usaha.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s