Unimog : Dari Kendaraan pertanian sampai Militer

BERILINK – Ada yang menarik pada demontrasi pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di MK yaitu kehadiran 3 mobil off road Unimog. Bodynya yang kekar dan garang sungguh menggoda :)

Unimog yang identik dengan truk militer ini keluar saat aksi jelang pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi, di ruas Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (21/8/2014).

Unimog di lokasi demo MK

Unimog di lokasi demo MK (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Unimog yang identik dengan truk militer ini digunakan massa pendukung pasangan capres-cawapres nomor 1 itu untuk menerobos kawat berduri yang dipasang aparat kepolisan. Kendaraan itu pun diberhentikan paksa oleh petugas, sementara penumpang serta pengemudinya juga diamankan

Jadi penasaran sama Unimog nih …

Unimog merupakan kepanjangan dari Universal Motor Gerat yang kurang lebih bermakna kendaraan/mesin serbaguna. Kemampuan off-roadnya cukup disegani sehingga para penggila off-road, terutama di Amerika berikan julukan sebagai mogger.

Unimog sebagai kendaran pertanian

Unimog sebagai kendaran pertanian (Foto : modifikasi.com)

Ide dasar dari Unimog adalah kendaraan pertanian. Sejarah kelahirannya dimulai pada 1947. Saat itu Jerman menghadapi persoalan pemulihan kondisi negara yang babak belur paska perang dunia II. Sektor pertanian dipandang sebagai salah satu jalan keluar bagi Jerman untuk kembali bangkit. Dalam kondisi seperti ini, dibutuhkan peralatan pertanian yang memadai yang mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan pertanian dan perkebunan seperti membajak ataupun memanen. Akan tetapi kendaraan tersebut masih tetap bisa dijadikan sebagai kendaraan harian.

Pada perkembangannya Unimog tak hanya berfungsi sebagai kendaraan pertanian belaka, namun meluas untuk keperluan lain. Unimog pun mulai dipergunakan sebagai kendaraan pembersih salju, pengeboran minyak, kendaraan cross country dan sejumlah tugas khusus lainnya. Lima tahun setelah diakusisi oleh Daimler Benz, tepat di tahun 1955 diperkenalkanlah Unimog 404 yang merupakan versi militer. Model 404 merupakan satu-satunya Unimog yang dilengkapi dengan mesin bensin.

Rata-rata Unimog produksi tahun di bawah 1976, hanya mampu dibesut dengan kecepatan maksimal 70 km/jam, sedangkan kecepatan paling rendahnya mampu mencatatkan diri di angka 0,08 km/jam.

Sekarang Unimog dibuat untuk dapat pergi ke mana pun dengan berbagai versi antara lain versi militer (421,128 BeeMog),versi cargo (421,129 DeeMog versi klasik), dan versi flat bed ( 421,128 flat bed)

Unimog kendaraan militer

Unimog kendaraan militer

Unimog digunakan sebagai kendaraan Taktis Militer yang digunakan diberbagai negara. Tentara di Indonesiapun memakainya sebagai kendaraan taktis (rantis) yang cukup diandalkan untuk mendukung setiap operasi.

Unimog 4000

Unimog 4000

Kapan Unimog pertama kali masuk ke Indonesia?

Truk ini masuk tahun 1958 untuk keperluan kendaraan angkutan Bulog. Jumlahnya mencapai ratusan unit. Masuk lagi pada tahun 1976 untuk keperluan Departemen Hankam/ABRI.

Unimog dilengkapi senjata

Unimog dilengkapi senjata

Jumlah Unimog terbanyak didatangkan pada tahun 1981 yakni tipe U1300L sebanyak 200 unit. Tipe ini dipakai militer untuk kebutuhan penarik meriam (artileri). Sekitar 1990-an, datang lagi 40 unit tipe U1550L untuk kebutuhan Marinir.

Sejak kemunculannya di demo MK, Unimog menjadi pertanyaan banyak orang. Siapa pemilik unimog yang dibawa massa Prabowo – Hatta?

Mengutip dari KompasOtomotif, sumber internal MBI, Kamis (21/8/2014), mengatakan, “”Unimog dijual resmi oleh Mercedez-Benz Indonesia (MBI), tapi hanya berdasarkan pemesanan terlebih dahulu. Kita tidak bisa membeberkan harga jualnya maupun unit yang sudah beredar di Indonesia.”

Kemampuan Unimog
Kemampuannya fenomenal, dengan bodi besar, ground clearance tinggi, suspensi sangat fleksibel, dan drivetrain superior, memungkinkan truk ini tangguh di segala medan. Truk asal Jerman ini menggunakan empat roda dengan konfigurasi sistem penggerak semua roda.

Unimog 1300L punya panjang 5,54 m, lebar 2,30 m, tinggi 2,83 m dan berat 7.500 kilogram. Mengusung mesin diesel Mercedes-Benz enam silinder type OM, tenaganya mencapai 130 tk pada putaran mesin 2.800 RPM yang disalurkan melalui transmisi delapan percepatan. Kapasitas bahan bakar 160 liter dengan jarak tempuh 350 kilometer.

Kendaraan ini pantas dijuluki “Badak Besi” karena melihat kekuatannya yang luar biasa.

Salah satu adegan menggunakan Mercedes-Benz Unimog

Salah satu adegan menggunakan Mercedes-Benz Unimog (Foto : motortrend / kompas.com)

Unimog juga pernah dipakai dalam film Die Hard “A Good Day to Die Hard” yang dibintangi Bruce Willis, Jai Courtney dan Sebastian Koch
*dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s