Ahok Menjadi Gubernur DKI Jakarta

Basuki T Purnama atau Ahok yang kini menjabat Wagub otomatis akan naik menjadi Gubernur DKI Jakarta

Basuki T Purnama atau Ahok yang kini menjabat Wagub otomatis akan naik menjadi Gubernur DKI Jakarta (Foto : detik.com)

BERILINK – Mahkamah Konstitusi (MK) mengukuhkan keputusan KPU yang sebelumnya sudah menetapkan Jokowi dan JK menjadi presiden dan wapres terpilih. Setelah Jokowi pindah ke Istana maka posisinya sebagai Gubernur DKI secara otomatis akan diisi oleh wakilnya Basuki T Purnama atau Ahok.

Hal ini Berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, wakil kepala daerah menggantikan kepala daerah sampai habis masa jabatannya, apabila kepala daerah meninggal dunia, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya selama enam bulan secara terus-menerus dalam masa jabatannya.

Mengutip dari Tribunnews, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana menyatakan akan menghargai keputusan tersebut. Alasannya, terpilihnya pasangan Jokowi-Basuki sudah sesuai konstitusi dan merupakan pilihan rakyat Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri) dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana (kanan).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri) dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abraham Lunggana (kanan). Foto : KOMPAS.com/Kurnia Sari Aziza

“Ya, kita harus menghargai segala keputusannya. Ke depannya, norma dan etika pemerintah daerah tetap harus dijaga,” kata pria yang akrab disapa Lulung itu, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (11/4/2014).

Memang harus menunggu pelantikan secara resmi dahulu untuk menyebut Ahok sebagai gubernur. Tapi itu hanya tinggal menunggu waktu saja. Jokowi baru akan dilantik sebagai presiden pada 20 Oktober mendatang.

Lalu kapan Ahok akan dilantik? Belum bisa dipastikan, kemungkinan tak lama setelah Jokowi mundur dari jabatan gubernur DKI atau bisa juga setelah Jokowi menjadi presiden. Pastinya mesti menunggu pelantikan DPRD DKI periode 2014-2019 lebih dahulu.

Beberapa waktu lalu, Ahok pernah menyampaikan bila dirinya menjabat sebagai Gubernur DKI dia akan melanjutkan program-program yang telah direncanakan. Ahok juga akan bersikap tegas pada bawahannya yang tak mampu.

Ahok Gubernur DKI Jakarta

Ahok Gubernur DKI Jakarta (Foto : twitter)

Ahok akan menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta. Lalu siapa yang paling pas untuk menjadi wakilnya?

Ahok sudah mewanti-wanti agar sosok wakilnya seorang yang bepengalaman dan antikorupsi. Ahok juga meminta kepada publik untuk tak sungkan menelusuri rekam jejak calon wagubnya

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s