Pendaftaran CPNS 2014

Warga mengantre saat menyerahkan berkas lamaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Youth Center, Sleman, DI Yogyakarta

Warga mengantre saat menyerahkan berkas lamaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Youth Center, Sleman, DI Yogyakarta (Foto : TRIBUN JOGJA / HASAN SAKRI GHOZALI)

Lowongan pekerjaan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, masih merupakan magnet tersendiri bagi pencari kerja. Lonjakan pencari kerja usai lebaran terus meningkat, hal ini ditandai dengan banyaknya pencari kerja yang datang ke Dinas Ketenagakerjaan dan sosial (Disnakersos) dalam rangka mengurus AK 1 atau surat kuning.

Menjelang dibukanya pendaftaran lowongan CPNS secara online pada tanggal 20 Agustus hingga 03 September 2014, masyarakat diharapkan untuk tidak mudah percaya tawaran oknum nakal yang menjanjikan bisa meluluskan tes CPNS 2014.

Sistem yang dirancang oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) perekrutan CPNS dipastikan bebas biaya.

Untuk sistem ujian sendiri, seleksi CPNS tahun 2014 tidak lagi menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK) namun melalui Tes tertulis berbasis komputer atau Computer Assisted Test (CAT).

Pelaksanaan tes terbagi dalam beberapa sesi. Bahkan kemungkinan sampai beberapa hari tergantung jumlah pendaftar dengan materi soal yang berbeda setiap sesi. Namun, materi umumnya sama sesuai rancangan konsorsium perguruan tinggi. Hal itu untuk menghindari adanya kecurangan saat tes.

Persyaratan pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 akan dibuat lebih sederhana. Rumitnya berkas persyaratan pendaftaran seleksi CPNS 2013, dikeluhkan sebagian besar peserta pada formasi umum itu.

Syarat yang harus dipenuhi pencari kerja yang ingin ikut seleksi CPNS 2014 adalah fotokopi KTP, foto terbaru, fotokopi ijazah, dan fotokopi transkrip nilai yang telah dilegalisir.

Sedangkan persyaratan lain yang umumnya diberikan kepada peserta, misalnya SKCK, kartu kuning, dan lainnya akan diminta setelah lolos seleksi.

Sosialisasi penyederhanaan persyaratan CPNS sudah dilakukan pada 14 Agustus 2014 lalu

Bagi Anda yang menginginkan informasi seputar CPNS, dapat membuka laman bkn.go.id. Sedangkan untuk pendaftaran secara online dialamatkan pada panselnas.menpan.go.id dan sscn.bkn.go.id, pada hari pelaksanaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s