Cara membuat kartu BPJS Kesehatan untuk perorangan

Warga yang ingin menjadi peserta diminta datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat

Warga yang ingin menjadi peserta diminta datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat ( Foto : bbc.co.uk)

Badan Penyelenggara Jaminan Nasional (BPJS) Kesehatan mulai beroperasional pada tanggal 1 januari 2014, program jaminan kesehatan diselenggarakan dengan memberikan perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah.

Fungsi BPJS Kesehatan ini menggantikan PT Askes dan juga PT Jamsostek. Sistem ini juga berfungsi sebagai fasilitas asuransi kesehatan bagi semua masyarakat Indonesia.

Manfaat Jaminan Kesehatan berupa :

1. Bersifat pelayanan kesehatan perorangan, mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, pelayanan obat, bahan medis habis pakai sesuai dengan indikasi medis yang diperlukan.
2. Manfaat medis yang tidak terikat dengan besaran iuran yang dibayarkan dan manfaat non medis yang ditentukan berdasarkan skala besaran iuran yang dibayarkan, termasuk didalamnya manfaat akomodasi.
3. Ambulan diberikan untuk pasien rujukan dari fasilitas kesehatan dengan kondisi kesehatan tertentu yang ditetapkan oleh BPJS kesehatan.

Berapakah iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan?

  • Biaya premi warga yang tidak mampu akan ditanggung negara dengan besaran premi tanggungan Rp 19.225 per orang per bulan untuk 86,4 juta warga miskin.
  • Biaya bagi penerima upah/gaji rutin per bulan untuk satu tahun pertama sebesar 0,5% dari gaji yang diterima, dan 4% dibayarkan oleh pihak perusahaan
  • Bagi masyarakat umum, pekerja yang tidak menerima upah mandiri dan sektor informal iuran didasarkan kelas yaitu Kelas III Rp 25.000, kelas II, Rp 42.500, dan kelas I, Rp 59.500

Premi bulan pertama sebaiknya langsung dibayar saat pendaftaran (biasanya di Kantor BPJS udah ada alat gesek untuk aneka ATM) dan akan langsung dapat Kartu BPJS seperti diattachment. Untuk pembayaran selanjutnya bisa melalui ATM atau setoran tunai. Untuk pembayaran sekaligus setahun setau saya baru bisa dilakukan melalui setoran tunai di Bank Mandiri

Cek lengkap iuran di bpjs-kesehatan.go.id/statis-14-iuran.html

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan

Siapa yang bisa mendapatkan fasilitas BPJS Kesehatan ini?

Ada dua kelompok peserta yang dikelola BPJS Kesehatan yaitu peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan peserta non-PBI.
Peserta PBI terdiri dari fakir miskin dan orang tak mampu yang berdasarkan data pemerintah pada 2011 peserta PBI berjumlah 86,4 juta orang.
Sedangkan peserta non-PBI adalah pegawai negeri sipil, anggota TNI dan Polri, pegawai swasta, pekerja mandiri, bukan pekerja seperti veteran dan penerima pensiun.

Bagaimana cara mendaftar BPJS Kesehatan?

Di situs resmi PT Askes disebutkan bahwa calon peserta yang akan melakukan pendaftaran, pembayaran iuran dan mendapatkan pelayanan kesehatan diminta mendatangi kantor BPJS Kesehatan terdekat.
Warga juga bisa menghubungi nomor telepon 021-500400 untuk menanyakan cabang PT Askes yang terdekat untuk mengurus pendaftaran.

Info lengkap kepesertaan BPJS Kesehatan lihat http://bpjs-kesehatan.go.id/statis-12-peserta.html

Apakah ada batasan jenis penyakit atau perawatan?

Fasilitas berlaku untuk semua jenis penyakit dan semua jenis perawatan dari berobat jalan hingga rawat inap.

Manfaat BPJS nya akan mendapatkan pelayanan kesehatan SECARA GRATIS di fasilitas primer (puskemas atau dokter keluarga) dan fasilitas rumah sakit.
Detail lengkap cek di http://bpjs-kesehatan.go.id/statis-13-manfaat.html

Persyaratan pendaftaran di BPJS Kesehatan :

  • Fotocopy KTP 2 lembar (untuk bayi bawa KTP kedua oarng tua)
  • Fotocopy Kartu Keluarga 2 lembar
  • Foto 3 x4 2 lembar (termasuk yang masih bayi)
  • Isi formulir yang ada dikantor BPJS (Untuk isian sarana kesehatan primer bisa diisi dengan nama puskesmas terdekat dengan rumah AGan atau kalo gak yakin namanya tanya aja sama petugas di kantor itu.

Catatan :

  • Kalo punya bayi ( umur berapapun) wajib udah ada namanya dan usahakan udah masuk di kartu keluarga atau bawa aja akta kelahiran (kalo udah ada) atau surat keteranga kelahiran bayi
  • Bebas biaya pengurusan kecuali Premi

Peserta Bisa juga mendaftar online di http://bpjs-kesehatan.go.id/statis-17-pendaftaranpeserta.html

Kartu BPJS langsung bisa digunakan untuk berobat setelah pembayaran premi pertama kali (Tidak bisa untuk klaim sebelum punya kartu BPJS). Buat yang sedang dirawat di Rumah Sakit juga bisa daftar BPJS dan langsung menggunakan Kartu BPJS setelah mendaftar. Silahkan hubungi perawat di RS untuk mekanisme nya karena masing2 rumah sakit ada sedikit perbedaan di alurnya)

ALamat kantor pusat / provinsi cek di http://bpjs-kesehatan.go.id/statis-18-bpjskescenter.html

KANTOR PUSAT :
Pusat Layanan Informasi BPJS Kesehatan (24 Jam) : (021)500400
Bisa juga melalui internet dan mobile dengan mengakses www.bpjs-kesehatan.go.id. Masyarakat juga bisa mendatangi BPJS Center atau posko BPJS 24 jam yang tersedia di kantor perwakilan dan divisi regional.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s