Apa Hasil Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa Pilpres 2014?

BERILINK – Mahkamah Konstitusi (MK) akan membacakan amar putusan atas sengketa hasil Pilpres 2014 yang diajukan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada Kamis 21 Agustus 2014

Diperkirakan ada pendukung kedua kubu capres yang akan mendatangi MK untuk mengetahi secara langsung hasil keputusan hakim MK. Hal ini membuat pengamanan di sekitar gedung MK diperketat

Panglima TNI Jenderal Moeldoko

Panglima TNI Jenderal Moeldoko. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mengutip dari Liputan6.com, Panglima TNI Jenderal Moeldoko mempersilakan pendukung kedua kubu pasangan capres-cawapres untuk datang ke sidang putusan sengketa Pilpres 2014 Mahkamah Konstitusi (MK).

“Bagi kami silakan pengerahan ke MK, asal tidak melakukan hal-hal yang kurang baik,” kata Moeldoko pada pembukaan Latihan Bersama TNI dengan GPOI Capatone Exercise Garuda Chanti Dharma di PMPP TNI Sentul, Kebupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/8/2014)

Panglima menilai, pengerahan massa dari pendukung pasangan capres itu hal yang wajar, karena sidang ini sebuah proses yang penting bagi kedua pihak. “Jangan juga bentrok antara kedua kelompok tersebut, karena nanti akan panjang ceritanya. Untuk itu kita selalu mengikuti perkembangan,” ujarnya.

Moeldoko mengaku sudah berkoordinasi dengan Mabes Polri terkait pengamanan jalannya sidang MK bahkan personel TNI sudah disiagakan tidak hanya di Jakarta tapi juga diseluruh wilayah Indonesia.

“Ya kita masih pada status Siaga I ini tidak hanya di Jakarta, namun juga di seluruh wilayah Indonesia. Prajurit-prajurit saya pada posisi siaga,” tegasnya.

KaBIN Letjen (Purn) Marciano Norman

KaBIN Letjen (Purn) Marciano Norman ( Foto : detik.com)

Kepala BIN Letnan Jenderal (Purn) Marciano Norman berpesan kepada seluruh pendukung pasangan capres agar menerima apapun putusan MK terkait sengketa Pilpres 2014. Menurutnya, aparat tidak segan menindak tegas siapapun yang menduduki MK, karena itu termasuk pada pelanggaran hukum.

“Ancaman menduduki MK adalah tindakan melanggar hukum, tindakan melanggar hukum itu tentunya kita tidak akan memberikan toleransi,” tegas Marciano di Kawasan Indonesia Peace and Security Center, Sentul, Jawa Barat, Selasa (19/8/2014).

Marciono berharap semua pihak lapang dada menerima putusan dari 9 hakim konstitusi. Putusan apapun yang dikeluarkan pasti punya implikasi ke setiap pasangan calon.

“Saya tidak tahu apa keputusannya, tetapi pasti berdampak pada pendukung kedua capres ini. Siapa pun pendukung manapun, saya harapkan bisa menerima,” harap Marciano.

“Kalau MK sudah memutuskan, kita harus berbesar hati menerima di seluruh wilayah indonesia,” tandasnya.

Sementara itu Kapolri Jenderal Pol Sutarman mengatakan, pihaknya telah memantau pergerakan massa tersebut. Dia juga berharap massa tidak menggunakan cara-cara kekerasan jika ada ketidakpuasan.

Pengamanan Polisi

Pengamanan Polisi (Foto : detik.com)

Jika tindakan anarkis tetap dilakukan para demonstran, polisi tak segan menggunakan peluru karet.

“Ya kita memprediksi masih orang-orangnya itu-itu juga dan kita sudah pantau terus dan kita melakukan pendekatan dengan berbagai pihak silakan kalau tidak ada kepuasan melalui jalur-jalur hukum. Karena negara kita negara hukum dan proses itu sudah ditempuh di MK, tetapi tidak dengan cara-cara kekerasan,” katanya memaparkan.

“Kalau dengan cara kekerasan, maka Polri sudah punya protap sampai ke step 6. Kami akan gunakan apabila melakukan tindakan-tindakan anarkis. Tetapi saya berharap tidak ada anarkis itu dan saya berharap juga tidak sampai ke anarkis. Step 6, penggunaan senjata dengan peluru karet,” kata Sutarman di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (19/8/2014).

Soal ada tidaknya rencana penutupan jalan di sekitar gedung MK, Sutarman mengatakan akan melihat situasi yang ada. Penutupan dilakukan jika massa memenuhi seluruh badan jalan

Mari kita tunggu, Apapun Hasil Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa Pilpres 2014 semoga bisa membawa kebaikan untuk bangsa dan negara Indonesia

Sumber :

  • indonesia-baru.liputan6.com/read/2093115/panglima-tni-silakan-ke-gedung-mk-asal-jangan-bentrok
  • news.detik.com/read/2014/08/19/183425/2666776/10/kabin-tidak-ada-toleransi-bagi-mereka-yang-duduki-mk
  • news.detik.com/read/2014/08/19/153350/2666483/10/polisi-akan-pakai-peluru-karet-jika-pendemo-anarkis-usai-putusan-mk-nanti
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s