Rencanakan Kegiatan Masa Tua

masa tua

masa tua (foto : google)

Rencanakan Masa Tua-mu, sebelum masa itu tiba karena lambat tapi pasti usia kita semakin bertambah. Kita menua tanpa kita sadari. Bagi anda yang berprofesi sebagai karyawan atau PNS, masa tua bisa berarti masa pensiun dari pekerjaan. Karir yang selama ini dibangun dari nol harus ditinggalkan untuk digantikan posisinya oleh generasi muda.

Kebanyakan dari kita (mungkin) seringkali tidak memikirkan apa yang akan dilakukan nanti setelah pensiun. Selagi masih bekerja dan mendapat gaji, pikiran kita tenang-tenang saja. Saat masa pension datang mendekat, barulah kita mulai putar otak untuk mencari kegiatan guna mengisi waktu di masa pensiun nanti.

Bagi beberapa orang, menjalani Minggu pertama setelah pensiun akan terasa sangat berbeda karena mereka mempunyai waktu luang yang berlimpah. Sekilas terlintas banyak ide yang akan dilakukan, tetapi selalu ditunda dan ditunda pelaksanaannya karena belum terbiasa bekerja atas prakarsa dan inisiatif sendiri.

Anggapan umum, masa pensiun adalah memasuki masa tua dengan kondisi fisik melemah, banyak penyakit, cepat lupa (pikun), penampilan tidak menarik. Bahkan ada yang menganggap masa pensiun menjadi tanda seseorang sudah tidak berguna dan tidak dibutuhkan lagi dalam dunia pekerjaan karena faktor usia sehingga standar produktivitas menurun.

Tanpa disadari, pemahaman ini seringkali mempengaruhi persepsi seorang pensiunan sehingga dia menjadi over sensitif dan subyektif terhadap stimulus yang ditangkap. Situasi dan kondisi ini menyebabkan orang tersebut menjadi sakit-sakitan saat masa pensiun tiba.

Banyak orang yang tidak siap menghadapi masa pensiun, karena pensiun dianggap sebagai pemutus kegiatan rutin yang dilakoninya selama bertahun-tahun. Selain itu, masa pensiun selalu dianggap sebagai masa yang menjengkelkan, hilangnya kegiatan kerja yang rutin, menurunnya penghasilan, hilangnya wewenang yang selama aktif bekerja dimilikinya (post-power syndrome), dan kondisi kesehatan yang semakin menurun seiring dengan pertambahan usia.

Ada beberapa hal yang bisa direncanakan saat masa tua dan pensiun itu datang, diantaranya adalah :

Pertama, Siapkan kondisi fisik dan mental Anda. Usahakan untuk selalu berpikir positif atas apa yang sudah dicapai selama ini. Diskusikan dengan pasangan Anda karena dialah orang yang paling mengerti bagaimana Anda sejak masih aktif bekerja sampaitiba masa pensiun.

Kedua, tenerapkan gaya hidup sehat. Selalu menjaga kebugaran di masa pensiun Anda dengan rutin berolah raga bersama keluarga, sahabat dan teman Anda.

Ketiga, kembangkan hobi atau kegiatan positif yang dulu sempat tertunda oleh rutinitas kerja Anda. Ingat, mungkin saja hal itu bisa menghasilkan sesuatu yang berguna di masa pensiun.

Keempat, buat rencana anggaran keuangan sebelum masa pensiun Anda tiba, agar tidak menjadi masalah keuangan di masa tua. Jika memungkinkan, cobalah berinvestasi. Tidak harus dalam usaha yang besar, tapi yang sedang saja sehingga kemungkinan rugi bisa diminimalisir.

Kelima, tetap menjaga hubungan baik dengan relasi dan teman–teman kerja sehingga suatu saat anda bisa melakukan kegiatan yang dulu sering Anda lakukan bersama atau sekedar bertukar pikiran.

Keenam, perdalam sisi spiritual Anda. Dekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Kuasa. Perbanyak kegiatan rohani yang mungkin selama ini tidak terlalu sering Anda lakukan karena kesibukan karir Anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan ketenangan dalam batin dan psikis Anda.

Memiliki kegiatan dimasa pensiun tentu saja bagus. Apalagi jika tuntutan kebutuhan keluarga masih banyak. Misalnya untuk biaya pendidikan anak-anak. Namun, kegiatan itu tidak harus berbentuk usaha/pekerjaan yang berhubungan dengan penambahan penghasilan berupa materi saja. Menurut saya, jauh lebih penting adalah usaha mempersiapkan diri menghadapi kehidupan di episode berikutnya. Orang cerdas akan berusaha keras mempersiapkan diri menghadapi perjalanan panjang setelah kehidupan singkat di dunia ini. Juga bukan sebuah kecerdasan jika menunggu pensiun, baru mulai mempersiapkan diri sungguh-sungguh.

Nikmati saja masa pensiun itu dengan berbagai keindahannya. Keindahan itu ada didalam diri sendiri ketika berkemas-kemas untuk menempuh perjalanan panjang.

Saya tidak akan mengajak anda menjadi bijaksana. Hadiah terbesar setelah pensiun adalah bahwa hak kita atas waktu telah dikembalikan. Sebab, waktu adalah milik kita yang paling berharga. Sekarang, bagaimana kita menggunakan waktu, itulah yang membuat kita bijaksana, atau tidak bijaksana. Maka, setelah pensiun, bukan berarti kita kehilangan segalanya, tetapi dapat dikatakan bahwa kita bisa memiliki segalanya, untuk melanjutkan hidup yang penuh arti.

*dari berbagai sumber

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s