Reklamasi Teluk Benoa Bali

Pemandangan jalan tol Benoa-Bandara Ngurah Rai-Nusa Dua difoto dari udara di Perairan Teluk Benoa, Nusa Dua, Bali, (19/9). Jalan bebas hambatan sepanjang 12,1 Km ini merupakan jalan tol pertama yang dibangun di atas laut

Pemandangan jalan tol Benoa-Bandara Ngurah Rai-Nusa Dua difoto dari udara di Perairan Teluk Benoa, Nusa Dua, Bali, (19/9). Jalan bebas hambatan sepanjang 12,1 Km ini merupakan jalan tol pertama yang dibangun di atas laut (ANTARAFOTO/Satya Bati)

BERILINK – Di akhir masa jabatannya, Presiden Susilo Bambang Yudhono (SBY) merestui dilakukan reklamasi Teluk Benoa, Bali, meskipun mendapatkan penolakan yang luas dari masyarakat Pulau Dewata.

Wacana Reklamasi Teluk Benoa Bali kini sedang menghangat di Bali menyusul terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) No 51 Tahun 2014 tentang Perubahan Perpres Nomor 45 tahun 2011 yang mengatur kawasan Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan).

Salah satu poin terpenting dari aturan tersebut adalah mengubah peruntukkan Perairan Teluk Benoa dari kawasan konservasi perairan menjadi zona budi daya yang dapat direklamasi maksimal seluas 700 Hektare.

Reklamasi akan dilaksanakan oleh PT Tirta Wahana Bali Internasional (TWBI), perusahaan milik konglomerat Tommy Winata.

Rencananya di lokasi inilah, PT Tirta Wahana Bali Internasional akan mereklamasi lahan seluas 831 Ha untuk dimanfaatkan sebagai pusat wisata dengan nilai investasi sekitar Rp30 triliun.

Sebelumnya, upaya anak usaha Artha Graha itu terbentur aturan Perpres No.45/2011 karena kawasan Teluk Benoa termasuk dalam areal konservasi perairan.

Pro-Kontra Reklamasi Teluk Benoa Bali

Wacana reklamasi di perairan Tanjung Benoa memicu kontroversi. Gubernur Bali telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) No. 2138/02-C/HK/2012 tentang Pemberian Izin dan Hak Pemanfaatan Pengembangan dan Pengelolaan Wilayah Perairan Teluk Benoa Provinsi Bali tertanggal 26 Desember 2012.

Pihak PT Tirtha Wahana Bali Internasional menyatakan proyek itu bertujuan membangun obyek wisata baru dan menyerap tenaga kerja. Reklamasi berencana membuat beberapa pulau buatan di dalam teluk, di sekitar Pulau Pudut.

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika mengatakan reklamasi merupakan salah satu jawaban untuk menangani abrasi yang terjadi disepanjang pantai di Bali.

“Abrasi itu apa kuncinya? Kuncinya adalah reklamasi,” jelasnya saat rapat perencanaan program dan kegiatan infrastruktur tahun anggaran 2015, dana APBN dan APBD di Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Kamis (19/6/2014).

Pastika menegaskan reklamasi akan memperluas daratan Bali karena menambah luas lahan. Hal itu, katanya, sesuai dengan terbatasnya lahan di Bali dan tidak memungkinkannya membangun secara vertikal.

Mantan Kapolda Bali itu mengungkapkan apabila ingin reklamasi pemerintah juga tidak perlu keluar dana. “Suruh swasta saja, ngapain APBN dihabiskan, kasih swasta saja,” jelasnya.

Bali Tolak Reklamasi

Bali Tolak Reklamasi (Foto : balebengong.net / Liputan6.com)

Sementara itu, Walhi yang didukung sejumlah elemen masyarakat Bali yang tergabung dalam aliansi ForBALI khawatir, reklamasi akan menyebabkan meluasnya abrasi di perairan selatan Bali. Sebab, bila reklamasi tetap dilakukan, akan terjadi perubahan pola arus dan gelombang.

Demo antireklamasi teluk benoa Bali

Demo antireklamasi teluk benoa Bali (Foto : BISNIS/DONALD BANJARNAHOR)

Dalam pernyatan mereka, massa penentang reklamasi meminta perpres itu dicabut dan Gubernur Bali tidak ikut-ikutan mendukung reklamasi tersebut. Apalagi audiensi perihal rencana reklamasi dilakukan secara tertutup tanpa mengundang mereka dan elemen masyarakat lain.

Koordinator ForBali, Wayan Suardana, mengatakan reklamasi bukan kebijakan tepat dan karena itu harus ditolak. “Kenapa harus Benoa yang sebelumnya sudah ditetapkan sebagai kawasan konservasi?” katanya

Referensi :

  • tempo.co/read/news/2014/06/17/058585835/Pro-Kontra-Reklamasi-Teluk-Benoa-Bali-Terus-Berlanjut
  • bali.bisnis.com/read/20140619/8/45652/reklamasi-teluk-benoa-gubernur-sebut-itu-untuk-atasi-abrasi
  • bali.bisnis.com/read/20140611/8/45499/sby-terbitkan-peraturan-presiden-reklamasi-teluk-benoa
  • news.detik.com/read/2014/06/17/120433/2610312/10/ribuan-warga-bali-demo-tolak-reklamasi-tanjung-benoa
  • news.liputan6.com/read/2062516/walhi-perubahan-keppres-sby-buka-jalan-reklamasi-bali
About these ads

One response to “Reklamasi Teluk Benoa Bali

  1. Pingback: Superman Is Dead (SID) dari Bali | BeriLink.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s