Juana Gita, Si Pembawa Baki Bendera Pusaka

Juana Gita Medinnas Janis

Juana Gita Medinnas Janis. (Foto: Setpres Istana / detik.com)

Juana Gita Medinnas Janis dari Provinsi Sulawesi Utara dipercaya sebagai pembawa bendera Merah Putih yang dikibarkan saat Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu 17 Agustus 2014

Juana lahir di Tomohon 20 Juni 1998, siswi SMAN 1 Tahuna, Sulawesi utara ini, mengaku bangga dan tidak menyangka bisa terpilih sebagai pembawa baki bendera pusaka.

“Saya sih senang banget dipercaya untuk bawa baki dan ambil baki. Jadi Paskibraka saja sudah senang banget. Itu kan tugas yang mulia. Apalagi bisa dipercaya bawa baki,” ujar Juana kepada wartawan usai Upacara di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Minggu (17/8/2014).

Juana Gita Medinnas Janis, siswi SMAN 1 Tahuna, Sulawesi Utara saat menerima lencana PaskIbraka dari Presiden SBY

Juana Gita Medinnas Janis, siswi SMAN 1 Tahuna, Sulawesi Utara saat menerima lencana PaskIbraka dari Presiden SBY (Foto : manadosatunews.com)

Juana mengaku baru dipastikan sebagai pembawa baki bendera pusaka pukul 08.00 WIB, satu jam sebelum upacara digelar. Juana tergabung dalam tim Melati Paskibraka yang bertugas pada upacara pagi. Sementara tim lain, tim Mawar akan bertugas pada upacara penurunan bendera sore nanti.

Gadis cantik ini bercita-cita berkuliah di Akpol atau IPDN. “Kelihatannya mereka keren-keren,” tuturnya

Juana ternyata sudah menyimpan mimpi menjadi Paskibraka sejak masih duduk di bangku SMP. Bagi dia, menjadi anggota Paskibraka cukup keren.

Juana mengungkapkan rasa bangganya mendapatkan tugas itu. Katanya, antara percaya tak percaya dapat berhadapan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Rasanya enggak percaya bisa berhadapan dengan orang nomor satu di Indonesia. Rasanya agak deg-degan, tapi saya sok-sok santai aja, anggap aja latihan. Yang saya ingat adalah usaha-usaha kita perjuangan kita untuk bisa sampai sini. Itu enggak gampang, dan kita enggak boleh kecewain provinsi yang sudah utus kita,” katanya.

Nama-nama petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara pada hari Minggu pagi 17 Agustus 2014, sebagai berikut:

1. Pembawa Baki: Juana Gita Medinnas Janis, lahir di Tomohon, 20 Juni 1998, siswi SMAN 1 Tahuna, Sulawesi Utara

2. Komandan Kelompok Pasukan 17: Hafiid Kama Ra’uuf, lahir di Batam, 1 September 1997, siswa SMAN 3 Batam, Kepulauan Riau

3. Komandan Kelompok Delapan: Irfan Mujafar Sondani, lahir di Jakarta 19 Sepember 1997, siswa SMAN 2 Bandar Lampung, Lampung

4. Penarik Tali Bendera: Cahyahadi Laksanto Rasyidi, lahir di Sleman, 13 Mei 1997, siswa SMAN 3 Yogyakarta, DI Yogyakarta

5. Pembentang Bendera: Fadlullah Arofah, lahir di Taliwang 06 April 1998, siswa SMKN 1 Taliwang, Nusa Tenggara Barat (NTB). (HP)

Foto

Juana Gita Medinnas Janis, siswi SMA 1 Tahuna Sulut yang didapuk membawa bendera pusaka saat upacara 17 Agustus 2014.

Juana Gita Medinnas Janis, siswi SMA 1 Tahuna Sulut yang didapuk membawa bendera pusaka saat upacara 17 Agustus 2014. (Foto : VIVAnews/Nila Chrisna Yulika)

Juana Gita, Pembawa Baki Bendera HUT RI-69 di Istana

Juana Gita, Pembawa Baki Bendera HUT RI-69 di Istana (Foto: Okezone)

One response to “Juana Gita, Si Pembawa Baki Bendera Pusaka

  1. Pingback: Yonanda Zulfa, Hijaber Pembawa Baki Bendera Pusaka | BERILINK.COM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s