Daftar Segera Domain Apapun.id Untuk Merk Dagang-mu

Domain name 'Apapun.id'

Domain name ‘Apapun.id’

BERILINK – Hari ini, 17 Agustus 2014, bertepatan dengan ulang tahun Republik Indonesia ke-69, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) bakal meluncurkan domain tingkat tinggi (DTT) .id tersebut secara bebas.

Nama domain .id sudah digunakan sejak 21 tahun lalu, tetapi baru pada domain tingkat dua (DTD). Saat ini ada sebelas DTD .id yang dapat digunakan sesuai peruntukannya masing-masing: co.id, web.id, or.id, sch.id, ac.id, net.id, biz.id, my.id, desa.id, go.id, dan mil.id.

Proses pendaftaran nama domain apapun.id sendiri sebelumnya sudah dibuka pada 20 Februari 2014 lalu tetapi belum terbuka secara bebas ke publik. Baru sebatas nama prioritas

PANDI melakukan tiga tahapan periode prioritas untuk domain apapun.id.

Periode pertama (sunrise) dilakukan pada 20 Februari–17 April 2014, periode kedua (grandfather) dilakukan pada 21 April–13 Juni 2014, dan periode ketiga (landrush) sebagai periode prioritas terakhir dilakukan pada 16 Juni–15 Agustus 2014.

Setelah tahapan prioritas itu selesai maka mulai 17 Agustus 2014, publik yang tidak masuk dalam tahapan prioritas juga dapat langsung menggunakan domain .id tanpa tambahan ekstensi di depannya.

Ketua PANDI bidang Sosialiasi dan Komunikasi, Sigit Widodo, mengungkapkan tanggal 17 Agustus 2014 memang dipilih sebagai tanggal peluncuran resmi domain apapun.id.

“Ini hadiah kami untuk ulang tahun Republik Indonesia ke-69. Selain punya presiden terpilih baru dan desain mata uang baru, kita juga akan punya nama domain internet baru,” ujarnya.

Menurut data Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), hingga 14 Juli 2014, sudah 1048 nama domain didaftarkan. Dari nama-nama domain tersebut, 334 di antaranya tidak memenuhi syarat, karena itu baru 714 nama domain yang disetujui untuk didaftarkan.

“Periode Landrush terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia yang memiliki identitas KTP, SIM, atau paspor. Namun untuk pendaftar domain personal, nama yang didaftarkan harus sesuai dengan nama yang tertera pada dokumen identitas,” tambah Sigit.

Jika ingin mendaftarkan nama yang berbeda dengan identitas, domain harus didaftarkan atas nama institusi. “Bisa didaftarkan atas nama perusahaan, perguruan tinggi, organisasi, atau institusi lainnya. Tapi tidak boleh atas nama personal,” kata Sigit.

Cukup banyak nama domain ‘cantik’ yang didaftarkan selama Periode Landrush, semisal cash.id, cinta.di, code.id, dewi.id, discount.id, download.id, linux.id, toko.id, atau software.id.

“Jika ada yang berminat dengan nama-nama cantik itu, masih ada kesempatan sampai 15 Agustus untuk ikut mendaftarkan nama tersebut,” ujar Sigit. Jika terjadi pendaftaran nama domain oleh dua pihak atau lebih, pemenangnya akan ditentukan dengan lelang.

About these ads

One response to “Daftar Segera Domain Apapun.id Untuk Merk Dagang-mu

  1. Pingback: Fakta Unik Domain Apapun.id | BeriLink.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s