Bisnis Adalah Sebuah Proses Pertumbuhan

entrepreneur

entrepreneur

Bisnis Adalah Sebuah Proses Pertumbuhan. Ibarat sebuah pohon besar maka pastilah dimulai dari sebuah benih kecil yang lemah. Ketika benih tersebut jatuh ke media tanam yang baik dan subur maka benih tersebut bisa berkembang menjadi tunas kecil. Perjalanan waktu membuat tunas muda akan membesar dan menua setelah dia bisa beradaptasi dengan lingkungannya.

Mungkin, dalam perjalanan waktu ada godaan dan gangguan dari mahluk lain di sekitarnya maupun oleh kondisi cuaca alam yang kurang bersahabat.

Sebuah pohon muda dengan daunnya yang hijau akan menggoda binatang herbivora misalnya kambing untuk menyantapnya. Atau seekor ulat akan asyik menikmati daunnya.

Selain itu, angin besar bisa mencabut akar pohon dan melemparkannya ke tempat yang tidak bersahabat untuk sebuah pertumbuhan.

Begitulah perjalanan sebuah bisnis, apapun bentuknya.

Ketika bisnis mulai tumbuh di daerah dengan tingkat persaingan usaha yang ketat mungkin saja dia akan bergerak perlahan dan tertatih. Kompetitor mungkin akan mengganggu si pebisnis baru dan berusaha sekuat tenaga agar mati sehingga tidak mengurangi omset usaha yang biasa diraihnya.

Di dalam internal bisnis juga memerlukan perhatian khusus seperti proses produksi, kecukupan bahan baku, proses penjualan, administrasi pembukuan, keuangan, pengawasan dan lain-lain. Jika salah satu bagian tersebut tidak berjalan dengan benar maka bisa dipastikan akan mengganggu bagian lainnya sehingga roda bisnis tidak berjalan lancar.

Siapapun kita bisa memulai bisnis yang dimulai dari hal terkecil. Bisnis adalah pembelajaran mengelola manajemen kecil sebelum akhirnya (berharap bisa) membesar.

Kemauan lebih penting dari kemampuan.

Ketika kita mau berbisnis maka lupakan sejenak kalimat “Ah, saya tidak mampu. Bagaimana nanti kalau bisnis ini rugi dan bangkrut?”

Ketika kita mau berbisnis maka kita wajib mau belajar dan menjalani prosesnya agar menjadi ‘mampu’. Tidak ada yang tidak mungkin dikerjakan selama kita mau berusaha, belajar dan berani untuk mencoba. Kecuali untuk hal-hal tertentu yang menyangkut sifat KeTuhanan dan takdir, kita harus berserah diri sambil memohon mendapatkan petunjukNya

Bisnis Adalah Sebuah Proses Pertumbuhan.

Tidak ada yang instant kalau mau waktu dan uang bekerja untuk kita dalam kehidupan sebuah bisnis.

Mungkin kita sering berkhayal, alangkah enaknya mempunyai bisnis dan usaha sendiri. Tetapi apakah kita mau membayar ‘sesuatu’ untuk keinginan tersebut?

Apakah kita mau untuk belajar dan menjalani proses pertumbuhan sebuah bisnis yang kadang penuh lika-liku?

Jika kita merasa ‘siap’ maka jalani dan nikmati prosesnya. Selalu perjuangkan agar bisnis terus bergerak melewati masa-masa sulit. Insya Allah akan tiba waktunya ketika kita sudah berada di ‘atas’ dan pohon bisnis yang kita tanam terus menghasilkan buah yang bisa kita petik untuk kita nikmati

Terimakasih sudah membaca tulisan ini

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s