Ngeblog Buat Apa?

online marketing

online marketing (mashable)

BERILINK – Pada libur cuti Lebaran kemarin, saya sempat main ke kota sejuk Salatiga khusus menemui Om Lukas (p3durungan.com) dengan maksud dan tujuan belajar teknik online marketing secara baik dan benar. Tujuan akhir pembelajaran adalah mendapatkan passive income dari earning money online via blog.

Jujur saja, walaupun saat ini saya sudah di dunia internet marketing dan mempunyai beberapa website bisnis tetapi apa yang saya jalankan mengharuskan saya terus bekerja dan bekerja.

Website saya hanya berfungsi sebagai showroom tempat memajang karya dan lapak menunggu peselancar online datang berkunjung serta menjaring klien/ konsumen yang ingin membeli produk yang saya tawarkan. Artinya bahwa konsumen melihat, tertarik, melakukan kontak via telpon atau email dan proses pekerjaan selanjutnya dilakukan secara offline.

Begitu saja liburan dan menutup lapak offline maka bisa dipastikan tidak ada lagi pemasukan omset yang mengisi rekening saya. Contohnya saat lebaran 2014 ini, saya libur hampir 3 minggu dan semua transaksi bisnis langsung menghilang. :(

Saya katakan pada Om Lukas,

“Ajari main Google Adsense, Amazon, ClickBank dan (Yang sekarang lagi heboh) WordAds. Saya sering tergoda saat melihat pameran Skrinsut para pemburu dollar di forum dan facebook. Saya juga pengin seperti mereka.”

Om Lukas hanya tersenyum (manis … HOAX!) dan berkata,

“Website bisnis-mu sudah bagus. Saya melihatnya sebagai sebuah cara mendapatkan uang dari pasar online yang Menarik. Kenapa masih ingin mencari yang lain? Kenapa masih ingin ngeblog untuk ikut program earning dollar online?”

Lalu, obrolan berlanjut panjang lebar.

Dunia internet marketing menawarkan banyak peluang dan kesempatan yang bisa digali untuk bekerja dari rumah. Tetapi … ingat bahwa tidak semua peluang bisnis yang ditawarkan cocok bagi kita. Semua penawaran harus dipilah dan dipilih mana yang sesuai dengan passion kita.

Ada online marketer yang bisa menghasilkan ribuan dollar dari blog nya lewat program Adsense, Amazon, CB, WordAds dll. Dan ada pula orang yang bisa mendapatkan uang dari online shop yang menjual aneka produk dan menjual jasa / keahlian di dunia maya. Yang terpenting, sesuaikan dengan passion kita masing-masing.

Tetapi, ketika ingin masuk ke dunia (misalkan) Adsense, Amazon, CB, WordAds … kita harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku. Beberapa kendala yang sering dihadapi oleh online marketer adalah :

  • Adsense  sering bersih-bersih lapak alias banned massal sehingga earning hilang melayang
  • Amazon, ClickBank memerlukan transaksi penjualan. Tidak setiap trafik pengunjung bisa menghasilkan omset. Platform ini juga memerlukan keahlian tersendiri dalam mengolah kata dan kalimat untuk membujuk orang mau membeli barang yang ditawarkan
  • WordAds memerlukan trafik pengunjung ribuan UV per hari. Platform ini relatif aman dibandingkan adsense yang rawan klik bom dari pengunjung nakal.

Lalu, kami saling menganalisa pemakaian platform server wordpress gratisan untuk hosting blog. Dalam dunia blogging nasional, ada beberapa role mode yang bisa dijadikan referensi yaitu :

  1. Om Duto – simomot.com dan omkicau.com
  2. Bro Taufik – tmcblog.com
  3. Pak Budi Rahardjo – rahard.wordpress.com

No (1) dan (2) memakai server wp dengan Top Level Domain sehingga bisa diikutkan program WordAds.  Blog no (3) masih apa adanya memakai sub domain wordpress.

Persamaan ke-3 blog tersebut adalah jumlah pengunjung besar yang disebabkan oleh konsistensi membangun blognya dalam jangka panjang. Sebuah perjuangan yang dilakukan secara terus menerus dan perlu tingkat kesabaran ekstra hingga menghasilkan trafik ribuan UV per hari.

Kembali ke judul … Ngeblog Buat Apa?

Jika keinginan mendapatkan passive income sudah sedemikian menggebu maka sesuaikan blog yang akan dibangun dengan passion kita agar kita bisa santai, tidak merasa terbebani dan senang dalam mengelolanya.

Om Lukas ‘momod’ menyarankan saya membangun blog otomotif yang bisa disesuaikan dengan bisnis yang saat ini sudah saya jalankan. Tetapi, kendalanya adalah saya sendiri kurang memahami dunia otomotif dan (mungkin) kurang memiliki passion disana.

Saya hanya katakan, “nanti setelah pulang ke Jakarta, saya akan membangun blog baru yang bisa diikutkan program WordAds.

Nah, inilah postingan pertama di blog baru tersebut. Mungkin isinya gado-gado sesuai tema blog yaitu “Aku Tulis Apa Yang Aku Mau”

Semoga bisa memberikan manfaat kebaikan.

Kesimpulan dari postingan ini adalah … TIDAK ADA KESIMPULAN karena saya sendiri masih bingung mencari dan terus mencari

Terimakasih sudah berkenan membaca

One response to “Ngeblog Buat Apa?

  1. Pingback: Dari Blog Menuju Penulis Buku | berilink

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s